Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin

6 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Kiper merupakan elemen terpenting di dalam pertandingan sepak bola. Berdasarkan sejarah yang ada, terdapat 6 kiper terbaik dunia sepanjang masa. Tanpa ada reaksi cepat dari si Kiper, maka sebuah tim bisa dibobol puluhan kali oleh tim alwan.

Mengingat begitu pentingnya peran Kiper tersebut, maka tak heran bila beberao waktu banyak sekali dorongan dari pencinta sepak bola guna mmeberikan anugerah bagi performa kiper yang berkelas.

Alhasil, seperti yang sedang kamu baca saat ini, ada sekitar 6 kiper terbaik dunia sepanjang masa. Para kiper ini menyandang prestasi sebagai kiper terbaik sepanjang masa.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini deretan nama 6 kiper terbaik dunia sepanjang masa:

Lev Yashin (Uni Soviet)

6 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Kiper yang satu masuk ke dalam urutan nomer satu kiper terbaik sepanjang masa. Lev merupakan kiper legendaris berkat jajak pendapat yang dilakukan IFFHS.

Yashin masuk ke dalam daftar kiper terbaik berkat kemampuan atletis. Selain itu, dirinya memiliki postur tubuh yang menakutkan bagi penyerang lawan. Yashin sering disebut sebagai Laba-Laba Hitam.

Kiper ini selalu menggunakan kostum hitam dan memiliki keahlian menepis tembakan lawan. Bahkan, beberapa pemain menyebutnya sebagai pemain dengan delapan tangan.

Gordon Banks (Inggris)

Banks merupakan kiper utama yang memiliki prestasi yang mumpuni. Pada saat Inggris di-manajeri oleh Sir Alf Ramsey, dirinya menjadi salah satu pilihan kiper terbaik.

Kala itu terjadi di Piala Dunia 1966. Namun, di kompetisi tersebut dirinya masuk ke dalam sejarah sepak bola dunia. Banks, yang memiliki posisi sebagai Kiper, berhasil menepis tandukan Pele.

Alhasil, bola tak jadi masuk ke gawangnya berkat sentuhan kecil dari ibu jarinya. Banks melompat dan berhasil membuat bola melewati mistar gawang.

Dino Zoff (Italia)

Zoff mulai dikenal oleh masyarakat awam pada Piala Dunia 1982. Ini merupakan tahun dimana dirinya mencapai puncak prestasi. Dan, yang lebih luar biasa lagi, kala itu memasuki usia ke-40.

Pada waktu itu, dirinya hanya sebagai pemain cadangan saja. Yang lebih luar biasa lagi, berkat penampilannya yag begitu memesona, dirinya terpilih sebagai menjadi kiper terbaik.

Berdasarkan jajak pendapat oleh Federasi Internasional Statistik dan Sejarah Sepakbola (IFFHS), Zoff menjadi salah satu kiper terbaik abad-20. Tepat berada di bawah Lev Yashin (Uni Soviet) dan Gordon Banks (Inggris).

Edwin van der Sar (Belanda)

Punggawa Manchester United ini pasti masih lekat di dalam ingatan pencinta sepak bola modern. Van der Sar mampu memblok tendangan Nicolas Anelka di final Liga Champions.

Berkat tindakannya yang luar biasa tersebut, Van Der Sar menjadi momok menakutkan pemain Chelsea saat adu penalti. Hal ini bukan tanpa alasan, sebelumnya di pertandingan Community Shield, dirinya mampu menepis bersih seluruh tendangan pinalti The Blues.

Gianluigi Buffon (Italia)

Pemain ini seakan tak pernah kehilangan tajinya. Kiper termahal di dunia ini memiliki nilai ransfer yang fantastis. Inilah bukti paling kentara guna menilai kemampuan Buffon.

Selain itu, dirinya pun memiliki sederet prestasi individual. Bahkan, di Piala Dunia 2006, gawang Buffon tidak tertembus satu gol pun selama 453 menit. Dan, pencapain cantik ini diakhiri dengan berhasilnya Azzurri menjadi juara dunia.

Iker Casillas (Spanyol)

Kiper yang satu memang sudah tak asing lagi. Bersuia 28 tahun, namun sudah turun sebanyak 300 kali bagi Real Madrid. Bukan hanya itu, dirinya pun menjadi kiper kedua paling banyak bagi tim nasional Spanyol.

Di saat tim Matador menjuarai Euro 2008, Casillas menjadi kiper pertama seklaigus kapten tim. Meski mengalawali debut bermain bersama tim senior
Madrid sejak 1999, namun dirinya sudah mampu menunjukkan performa yang ciamik.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *