Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

PSSI, meski saat ini masih bermasalah, tetap saja memiliki sejarah yang tak bisa dilupakan begitu saja. Banyak hal terjadi di masa lalu. PSISI, paling tidak, tak seperti saat ini. Dahulu masih terbentur banyak keterbatasan. Tak seperti saat ini, semuanya lebih mudah.

Guna mengetahui sejarah PSSI secara lebih lengkap lagi, berikut ini penjelasan sejarah sepak bola indonesia lengkap:

Tahun 1920

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

Di tahun ini, sepak bola Indonesia hanya dilakukan di acara pasar malam saja. Dan, sepak bola bukanlah permainan utama. Dia hanya sebagai penyemarak saja. Pertandingan dilaksanakan pada sore hari.

Masuknya sepak bola melalui penjajah Belanda disertai dengan masuknya beberapa olahraga lainnya. Seperti, kasti, bola tangan, renang, tenis, dan hoki. Dikarenakan keterbatasan, hanya sepak boalalh yang bisa dimainkan oleh rakyat jelata. Sedangkan yang lain hanya dimainkan bangsa Eropa.

Tahun 1927

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

Di tahun ini mulai terbentuk bond-bond atau organisasi kepemudaan. Dan, kala ini terbentuklah Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB). Selanjutnya, nama ini erganti menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU).

Hingga tahun 1929, NIVU tergolong sangat sering mengadakan pertandingan guna memeriahkan pasar malam. Di jaman itu, masih kental sekali perbedaan kelas antara masyarakat China dan pribumi. Bond China bernama Tiong un Tong, Donar, dan UMS. Sedangkan pribumi lebih menyukai nama yang sesuai dengan nama daerahnya, misalnya Cahaya Kwitang, Sinar Kernolong, atau Si Sawo Mateng.

Di Tahun 1928

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

Tahun ini terbentulah Voetbalbond Indonesia Jacatra (VIJ). Hal ini tak terlepas dari sikap diskriminasi NIVB. Bahkan, lahir lah klub sepakbola yang bernama Persatuan Sepak Bola Djakarta (Persidja) pada 1925.

Di masa depan, tepatnya di tahun 1930, Persidja memiliki andil guna terciptanya organisasi Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di gedung Soceiteit Hande Projo, Yogyakarta. Persidja kala itu memiliki stadion kebanggaan di Jalan Biak, Roxy, Jakpus.

Tahun 1930

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

Muncul tiga organisasi sepakbola. Ketiganya berdasarkan suku bangsa, yaitu Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB). Selanjutnya berganti menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) tahun 1936.

Ketiga organisasi sepakbola tadi, yaitu NIVU milik bangsa Belanda, Hwa Nan Voetbal Bond (HNVB) milik bangsa Tionghoa, dan Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI) milik Indonesia.

Di tahun 1930 inilah terangnya persepakbolaan Indonesia di mulai. Pamor pemain Bond NIVB, G Rehatta dan de Wolf. Keduanya kalah telak dengan bintang lapangan bond China dan pribumi (Maladi, Sumadi dan Ernst Mangindaan)

Tahun 1938

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

Inilah tahun keemasan Indonesia. Di tahun ini, Indonesia berhasil lolos ke Piala Piala Dunia. Pada saat ini, Indonesia masih bernama (Hindia Belanda). Meski begitu, ada perdebatan antara NIVU (Nederlandsche Indische Voetbal Unie) dengan dengan PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Kala itu, sayangnya bukannya pemain PSSI yang dikirm, melainkan NIVU. Hal ini dikarenakan pengakuan dari pihak FIFA hanya mengakui NIVU sebagai badan resmi sepakbola Indonesia, bukan PSSI. Padahal, pada waktu itu, ketua PSSI merupakan Soeratin Sosrosoegondo, seorang insinyur lulusan Jerman yang lama tinggal di Eropa.

Tahun 1948

Sejarah Sepak Bola Indonesia Lengkap

Tahun ini, mulai lahirlah pesta olahraga bernama PON (Pekan Olahraga Nasional). Acara ini dihleta di Solo. Ada 12 cabang olahraga. Di masa itu, sepak bola semakin dikenal di kalangan rakyat Indonesia. Kebutuhan dan perlengkapan permainan sepakbola pun semakin ditingkatkan.

Akhirnya, guna menjawab kebutuhan tersebut, muncul toko olahraga Siong Fu. Ini merupakan toko olehraga pertama yang menjual perlengkapan sepak bola. Yaitu, sepatu bola. Bisa diperkirakan, produknya menjadi sangat laris dan diburu banyak orang sebelum adanya serbuan sepatu import.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *