Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin
AFAPOKER RGOBET
Wigobet Texaspoker agen judi terpercaya

Posisi Wasit Dan Hakim Garis Saat Terjadi Tendangan Sudut

Permainan sepak bola terkadang menciptakan tendangan sudut. Biasanya, tendangan sudut diberikan kepada tim yang lawan mainnya tak sengaja/dengan sengaja membuang bola keluar garis.

Tendangan sudut identik dengan peluang terciptanya gol. Tim yang mampu memaksimalkannya dengan baik, maka bisa mendapatkan kemenangan dengan mudah. Mengandalkan beberapa pemain bertubuh jangkung, tendangan sudut merupakan peluang paling tepat guna meraih kemenangan.

Namun, kebanyakan orang masih belum tahu posisi wasit dan hakim garis saat terjadi tendangan sudut. Hal ini bukan tanpa alasan. Banyak orang yang memang hanya fokus melihat permainan sepak bola. Dan, lupa mengenal berbagai aspek yang ada di dalam permainan sepak bola.

Misalnya saja, terkait dengan posisi dan bagaimana wasit menangani situasi tendangan sudut. Nah, guna memperjelas mengenai hal ini, berikut ini penjelasan mengenai posisi wasit dan hakim garis saat terjadi tendangan sudut:

Posisi Wasit dan Hakim Garis Secara Umum

Posisi Wasit Dan Hakim Garis Saat Terjadi Tendangan Sudut

Ketika permainan sepak bola berlangsung, wasit dan hakim garis paling tidak harus selalau fokus mengeawasi pertandingan. Berbagai hal yang terjadi di lapangan, sebisa mungkin patut diketaui oleh sang pengadil. Apalagi bila ada kejadian-kejadian penting lainnya.

Alhasil, setiap wasit mau tak mau harus menempatkan diri pada posisi yang tepat. Hal ini bertujuan agar wasit bisa mendapat moment dan mengetahui secara jelas setiap kejadian penting yang terjadi.

Pada Permulaan Permainan

Posisi Wasit Dan Hakim Garis Saat Terjadi Tendangan Sudut

Pada saat permaina dimulai, kick off, wasit berada pada posisi dimana bola berada. Misalnya, bola dipegang oleh tim A, maka wasit akan berposisi pada tim A. Tepatnya, berada di lingkaran tengah dan menghadap ke arah hakim garis 2.

Hakim berdiri pada posisi sejajar dengan pemain keuda terakhir dari tim A. Sedangkan hakim garis dua, berada pada posisi sejajar dengan pemain kedua terakhir dari tim B.

Apabila permainan dimulai dan bola menuju kw tim B, maka wasit mengarah secara diagonal. Apabila bola berpindah mengarah ke tim A, maka wasit bergerak ke arah diagonal sebaliknya.

Pada Tendangan Gawang

Posisi Wasit Dan Hakim Garis Saat Terjadi Tendangan Sudut

Awalnya, wasit berada di titik tengah garis diagonal. Tepat berada di tengah lapangan. Posisi menghadap ke arah bola dan ke arah hakim garis. Ini berlaku bagi semua tim yang mendapat tendnagan bebas.

Sebaliknya, terdapat perbedaan posisi bagi hakim garis 1 dan 2. Dan, ini dipengaruhi oleh tim mana yang mendapat kesempatan tendangan gawang. Apabila tim A mendapat tendangan bebas, maka hakim garis berada pada posisi sejajar dengan garis. Tepat di daerah gawang tim A.

Lalu, posisi hakim garis dua, berada pada posisi sejajar dengan pemain kedua terakhir dari tim B. Ketentuan antara hakim garis 1 dan 2 selalu berkebalikan. Tergantung tim mana yang mendapat kesempatan tendangan bebas.

Pada Tendangan Sudut (corner kick)

Bagi kamu yang belum mengetahui posisi wasit dan hakim garis saat terjadi tendangan sudut, maka ini merupakan hal merupakan jawabannya. Aabila terjadi tendangan sudut yang dilakukan di daerah tim A, dari sudut kiri lapangan, maka posisi wasit menyimpang dari arah diagonal. Artinya, wasit berada di daerah gawang B pada garis gawang.

Selanjutnya, hakim garis 1 berada di dekat penendang corner kick atau sejajar dengan garis gawang. Sebaliknya, hakim garis 2 sejajar dengan pemain kedua terakhir tim B.

Apabila terjadi serangan balik, maka wasit utama bergerak ke tengah. Dengan cara mengikuti garis putus-putus. Posisi selalu menghadap ke arah bola atau pemegang bola.

Dari sisi hakim garis 1, hakim garis ini mengikuti arah serangan. Yaitu, berada sejajar dengan pemain kedua terakhir dari tim A lalum hakim garis 2 sejajar dengan pemain kedua terakhir dari tim B.

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *