Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin.netBandar Online Terpercaya
Handicap Asianbookie Bola Terupdate Malam Ini |India vs Macao 0 : 3 | Gimnastic Tarragona vs Granada 0 : 0 Numancia vs Barcelona 0 : 3/4 Real Oviedo vs Tenerife 0 : 1/2 | La Hoya Lorca vs Zaragoza 0 : 0 | Sevilla Atletico vs Cadiz 0 : 0 | Atletico Paranaense vs Goianiense 0 : 3/4 | Botafogo vs Chapecoense 0 : 1/2 | Corinthians vs Coritiba 0 : 1 | Atletico Mineiro vs Sao Paulo 0 : 1/4 | Avai vs Vasco da Gama 0 : 0 | Gremio vs Cruzeiro 0 : 1/2 Agen Bola Terpercaya

Pola Pertahanan dalam Sepak Bola

Bola Tangkas Online

Mempertahankan kemenangan yang sudah dicapai pada detik-detik terakhir sebelum peluit dibunyikan bukanlah hal yang mudah. Para pemain dalam tim harus menguasai penuh teknik pertahanan sehingga tidak ada bola yang masuk ke dalam daerah mereka.

Ini bukanlah tugas lini belakang, namun tugas dari keseluruhan pemain. Ada berbagai macam teknik pertahanan yang dapat diterapkan, berikut dengan kelebihan dan kekurangannya. Mari kita pelajari satu per satu Pola Pertahanan dalam Sepak Bola:

Teknik pertahanan man to man atau man marking.

Pola Pertahanan dalam Sepak Bola

Penjagaan ini melibatkan 1 pemain menjaga 1 pemain lawannya. Dalam teknik pertahanan ini, pemain tersebut bertugas untuk menempel ketat lawannya kemanapun lawannya melangkah selama berada di daeah penjagaannya.

Contohnya : striker pihak lawan akan dijaga oleh marcking back dan gelandang penyerang pihak lawan akan dijaga oleh gelandang bertahan. Untuk melakukan teknik ini, setiap pemain diharuskan memiliki stamina yang prima karena kekuatan individu menjadi kunci utama dari keberhasilan teknik pertahanan ini.

Penjagaan yang disiplin terhadap lawan tanpa melemparkan tugas kepada pemain setim lainnya juga ikut andil dalam keberhasilan penerapan teknik ini.

Kelebihan dari pertahanan ini tentunya terletak pada konsentrasi pemain, karena pemain dapat berkonsentrasi pada satu lawan saja. Jika pihak lawan lemah, pemain dapat memanfaatkannya untuk dilewati secara mudah. Pemain tidak mengalami perbedaan tugas karena tugasnya sudah sesuai dengan posisinya masing-masing.

Kekurangan dari pertahanan ini adalah mudahnya pertahanan menjadi rapuh jika pihak lawan unggul secara 1 vs 1. Selain itu, mau tidak mau, pemain harus mengikuti tempo pihak lawan.

Teknik pertahanan daerah atau Zona defence

Pola Pertahanan dalam Sepak Bola

Pihak lawan yang masuk ke dalam wilayah pertahanan menjadi tanggung jawab bagi pemain bertahan untuk dijaga dan dibayangi. Kesuksesan teknik ini bergantung pada kemampuan pemain dalam melakukan pergerakan dengan tepat dan gesit.

Kesigapan pemain dalam menerima tanggung jawab untuk menjaga pihak lawan yang masuk ke dalam wilayahnya turut berpengaruh pada keberhasilan teknik ini.

Kelebihan dari teknik ini adalah pergerakan dalam menjaga lawan menjadi efektif sehingga tidak menguras energi pemainnya.

Sehingga energi dapat lebih digunakan untuk kecepatan pemain dalam mengontrol bola, bukan untuk menjaga lawan. Selain itu, pertahanan akan jauh lebih seimbang dengan menggunakan teknik ini jika dibandingkan dengan teknik man to man atau man marking.

Kekurangan dari teknik ini adalah rawannya daerah perbatasa antar zona karena seringnya terjadi pelemparan tanggung jawab ketika bola digiring oleh pemain di daerah perbatasan antara 2 zona.

Perubahan gerakan yang dilakukan oleh pihak lawan terkadang juga menimbulkan kesulitan bagi pemain bertahan untuk mempelajari cara bermain lawan. Serangan secara mendadak dan perubahan dari sayap kanan ke sayap kiri sering membuat kewalahan para pemain bertahan.

Pihak lawan yang telah merebut bola tidak mengalami penekanan secara langsung. Pihak lawan tidak dibayangi atau dihalangi karena si pemain haus kembali ke daerah yang ditinggalkannya.

Kombinasi man to man marking dan zona defence

Pola Pertahanan dalam Sepak Bola

Cara ini merupakan teknik yang paling sering digunakan. Berikut ini langkah-langkah untuk mengkombinasikan kedua teknik sebelumnya:

  • Pihak lawan harus ditempel terlebih dahulu dengan jarak kurang leih 1,5 meter ketika dia tidak memiliki kecepatan penuh. Namun bila dia menggunakan kecepatan penuh, anda harus berada pada jarak 1 meter dari lawan.
  • Anda harus merebut bola tersebut sebelum pihak lawan mengontrol bola yang diterima.
  • Jika anda tidak berhasil merebut bola, anda harus secepat mungkin mencegah agar lawan berbalik dengan bola ke arah gawang dan meningkatkan tekanan dengan menempel lawan tanpa melakukan pelanggaran.
  • Bila langkah tersebut tidak berhasil lagi dan pihak lawan sudah menghadap ke gawang, maka posisikan badan anda setengah jongkok sehingan anda dapat cepat berganti arah lari sesuai dengan gerak pemain lawan dan arahkan pihak lawan tersebut ke pemain bertahan yang lain.
Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *