Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin

Pola Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola

Inti dari permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang lawan. Kunci keberhasilan satu tim tidak pernah lepas dari kontrol bola yang baik, kerjasama antar pemainnya, semangat yang tinggi, dan daya tahan yang prima. Bahkan, sesekali faktor keberuntungan akan ikut berpengaruh dalam keberhasilan tim.

Permainan sepak bola juga tidak pernah luput dari pola penyerangan dan pola pertahanan. Keduanya harus dikuasai dengan baik oleh para pemain agar tim anda dapat tetap unggul. Penyerangan dapat dilakukan, baik secara individu maupun secara tim.

Setiap pola penyerangan yang dilakukan oleh tim satu akan berbeda dengan tim lainnya. Berikut Pola Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola:

Gerakan tersusun

Pola Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola

Pada gerakan tersusun ini, pemain tidak akan memiliki Free Role Play. Para pemain akan tetap berada pada posisinya masing-masing. Jika seseorang gelandang tengah sudah diberi tugas untuk berada di daerah kick off, maka anda akan seterusnya berada di dalam wilayah tersebut.

Anda sama sekali tidak diperbolehkan untuk bermain lebih ke depan, ke samping, atau ke belakang. Begitupula dengan posisi yang lain.

Pergerakan ini harus dipersiapkan secara matang oleh suatu tim untuk masuk dalam pertahanan lawan dan membuat gol. Anda harus meatih tendangan pertama, tendangan bebas, lemparan ke dalam, dan tendangan penjuru.

Salah satu contoh dari pola penyerangan ini adalah formasi 4-2-4 yang pertama kali di lakukan di Inggris, dan mendapatkan pengakuan dari Brazil setelah mengantar negara tersebut menjuarai Piala Dunia. Anda dapat melakukan formasi 4-2-4 dengan langkah sebagai berikut:

Tempatkanlah 4 pemain sebagai pemain belakang pertahanan di bagian belakang. Tempatkanlah back kanan dan kiri dengan center back yang akan membantu keduanya secara penuh. Pemain tengah akan bertugas sebagai pembangun serangan. Namun, pemain tengah juga harus ikut mundur apabila timnya mendapatkan serangan.

Pemain sayap juga turut bertanggung jawab dalam membantu pemain tengah membangun serangan. Pemain depan tengah adalah kunci utama dalam formasi ini. Pemain ini juga bertugas untuk membuka celah bagi pemain-pemain yang datang dari zona tengah.

Pola bermain untuk menerobos pertahanan rapat. Bagaimana jika pihak lawan mempunyai pertahanan yang sangat rapat? Anda dapat menerapkan operan langsung atau wall pass.

Teknik ini sangat cocok untuk anda gunakan menembus pertahanan pihak lawan yang rapat. Selain itu, anda perlu melatih kejelian anda sebagai pemain untuk membaca dimanakah titik kelemahan lawan dan menyerang dari titik tersebut.

Pola mencari ruang kosong

Pola Penyerangan dalam Permainan Sepak Bola

Terkadang, pemain diharuskan mencari ruang kosog untuk melakukan operan demi kelancaran penyerangan. Pola ini hanya dapat anda lakukan jika tim anda memegang kendali penuh atas lapangan.

Ketajaman tim anda dalam meyerang akan menentukan keberhasilan penggunakan teknik serangan ini. Hal yang anda perlu lakukan dalam menyusun pola ini adalah: mempersiapkan pemain pengatur serangan, pemain pembantu serangan, pemain pemancing pertahanan lawan, dan pemain pencetak gol.

Itulah ketiga pola penyerangan yang dapat anda jadikan acuan untuk menyusun manakah pola penyerangan yang lebih tepat bagi tim anda.

Pola penyerangan harus selalu dikembangkan dan dilatih agar tim anda dapat menggunakannya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Semakin baik tim anda dalam berlatih, semakin terlatih pula tim anda untuk membaca keadaan yang ada dan membangun serangan yang tepat. Selamat mencoba!

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *