Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Di dalam permainan sepak bola terdapat banyak aturan. Dan, salah satunya mengenai pergantian pemain. Sudahkah kamu tahu jawaban “pergantian pemain dapat dilakukan pada saat kapan?”.

Ini merupakan pertanyaan yang sederhana, namun tak semua orang mampu menjawabnya dengan mudah. Pergantian di dalam permainan sepakbola bukanlah hal baru. Kamu tentu sering melihatnya beberapa kali pada saat menonton permainan sepak bola.

Agar bisa menjawab pertanyaan “pergantian pemain dapat dilakukan pada saat kapan?”, kamu perlu menyimak beberapa peraturan di dalam permainan sepak bola, yaitu diantaranya:

Peraturan Bola Keluar (Out)

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Bola dinyatakan keluar apabila seluruh bagian bola keluar dari garis lapangan. Karena hal ini, maka tim lawan akan mendapat lemparan ke dalam. Apabila bola ternyata keluar ke samping, maka lawan mendapat tendangan sudut.

Untuk menentukan hal ini, peran wasit utama dan hakim garis sangat diperlukan. Selain itu, wasit pun berhak menghentikan pertandingan apabila di tengah pertandingan ada pemain yang mengalami cidera.

Peraturan Gol

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Bola dinyatakan gol, apabila seluruh bagian bola masuk ke dalam area gawang. Dan, sebaliknya. Apabila ternyata bagian bola tidak 100% melewati garis gawang, maka dianggap tidak terjadi gol.

Ada satu lagi syarat terjadinya gol, yaitu apabila pemain yang terakhir menendang bola ke dalam gawang tidak berada di posisi offside, hands ball atau pelanggaran. Pemain diperbolehkan memasukkan bola ke dalam gawang dengan berbagai cara. Entah melalui tendangan bebas, penalti hingga gol bunuh diri.

Peraturan Offside dan Onside

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Pemain dinyatakan offside apabila teman satu timnya tim mengoper ke pemain. Dan, pemain tersebut berada sedikit di depan bek pertahahanan lawan. Untuk menentukan offside atau tidak, asisten wasit lah yang berhak.

Apabila tim melakukan penyerangan dan terjadi offside, maka asisten wasit akan mengangkat bendera ebagai tanda adanya pelanggaaran offside. Untuk mempermudah pemahaman terkait status yang tak berada pada posisi offside, yaitu ketika pemain belum melewati garis tengah lapangan. Atau, pemain yang mengoper bola berada di belakang pemain paling belakang lawan.

Peraturan Terjadinya Pelanggaran

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Seorang pemai dinyatakan melakukan pelanggaran apabila dirinya melakukan tackle keras, hands ball, menarik baju pemain lawan, mendorong pemain lawan, dan atau menggangu pergerakan penjaga gawang. Selain itu, tentu masih banyak lagi peraturan lainnya.

Ketika seorang pemain diganjar kartu merah oleh wasit, maka dirinya harus meninggalkan lapangan pertandingan. Kartu kuning merupakan pertanda bahwa si pemain mendapat peringatan kras dari wasit. Ketika wasit mengeluarkan kartu kuning untuk keuda kalinya, maka itu artinya pemain mendapat kartu merah secara otomatis.

Peraturan Tendangan Bebas (Free kick)

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Tendangan bebas diberikan apabila terjadi pelanggaran. Tendangan bebas dilakukan di wilayah terjaidnya pelanggaran. Tendangan bebas umumnya diberikan ketika terjadi pelanggaran di luar garis area penalty atau daerah kekuasaan penjaga gawang.

Ada dua buah pilihan yang bisa dilakukan oleh tim yang mendapatkan tendnagan bebas, yaitu melakukan tendangan bebas langsung mengarah ke gawang lawan. Atau, bola terlebih dahulu diumpan ke teman satu tim.

Peraturan Pergantian Pemain

Pergantian Pemain Dapat Dilakukan Pada Saat Kapan?

Karena jumlah pemain yang cukup banyak, di dalam permainan sepak bola ditasi hanya 3 kali setiap tim boleh melakukan pergantian pemain. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang sudah sejak lama diberlakukan.

Bagi tim yang akan melakukan pergantian, maka tim tersebut tidak lantas mengganti pemain seenaknya saja. Pergantian pemain boleh dilakukan pada saat terjadi bola mati, mulai pertandingan, atau bahkan ketika wasit memutuskan memperbolehkan terjadinya tendangan pinalti.

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *