Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin
AFAPOKER RGOBET

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola

Sepak bola merupakan pertandingan paling agresif di muka bumi. Bagaimana tidak, olahraga ini merupakan satu jenis olah raga yang banyak menyita perhatian masyarakat dunia.

Kadang kala, meski mengetahui tentang sepak bola, masih sedikit pencinta sepak bola yang mengetahui pengertian offside dalam sepak bola. Padahal, ini merupakan peraturan paling dasar dalam permainan sepak bola.

Tanpanya, maka pertandingan sepak bola berjalan tanpa adanya keseruan. Apakah kamu bisa membayangkan jikalau pertandingan sepak bola tanpa ada peraturan?

Seperti dahulu kala. Sepak bola menjadi biang terjadinya kerusuhan. Bukannya seru untuk disaksikaan, sepak bola menjadi salah satu pertandingan oleharga yang banyak menelan korban.

Bagi kamu yang baru mengenal peraturan offside ini, maka ada baiknya kamu mengetahui sejarah singkatnya terlebih dahulu. Di era sepak bola modern, pelanggaran offside tak jarang mengakibatkan pembatalan goal.

keputusan ini biasanya diambil oleh wasit di tengah pertandingan. Adanya pelanggaran offside menunjukkan bahwa di dalam sepak bola ada peraturan yang mengikat bagi pemain.

Pengertian Offside

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola

Secara umum, offside merupakan situasi dimana seorang pemain diberikan/mendapat bola ketika posisi lebih dekat dengan garis gawang dibanding pemain lawan.

Lebih jelasnya, offside ditandai dengan adanya pemain yang berdiri di daerah lawan dan mendapat umpan bola dari kawan. Pemain yang terjebak pelanggaran ini, biasanya hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang.

Fokus Pelanggaran Offside

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola

Fokus pelanggaran offside pada pemain yang menyambut bola dari umpan kawannya. Pelanggaran offside terjadi apabila seorang pemain secara tidak sengaja menendang ataupun menyentuh bola hasil sepakan kawan.

Akibatnya, bola menjadi berbelok dan masuk ke gawang. Hal ini yang sering menjadi dilema bagi hakim garis. Di saat bersamaan, ketidaksengajaan pemain menyenggol bola menjadi dasar bagi wasit untuk menganulir goal tersebut.

Sejarah Peraturan Offside

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola

Bagi kamu yang tidak tahu mengenai offside, offside diadaptasi dari permainan rugby sejak tahun 1800an. Dan, mulai diterpakan di dalam permainan sepak bola di tahun 1985. Tak heran apabila banyak penonton sepak bola tidak mengetahui pengertian offside dalam sepak bola.

Pertama kali, peraturan ini diajukan oleh Seffield FC. Klub ini mendorong agar ada pelarangan bagi pemain lawan berdiri di dekat gawang lawan. Apabila pemain ini mendapat bola dari kawannya, maka dia akan dianggap offside.

Perubahan Aturan Offside

Pengertian Offside Dalam Sepak Bola

Peraturan Offside mengalami perubahan sebanyak 3 kali, diantaranya:

a. Tiga Pemain

Maksudnya, pemain dinyatakan melakukan offisde meski di depannya masih ada tiga pemain belakang lawan, termasuk kiper. Peraturan ini dirasa tak efisien karena masih banyak pemain yang berada di dekat gawang.

b. Dua Pemain

Pertama kali diusulkan Asosiasi Sepakbola Skotlandia pada tahun 1904. Tepatnya, ketika pertama kali FIFA dibentuk. Penyerang dikatakan offside apabila ada dua pemain belakang lawan berdiri di antara dirinya. Dua orang pemain ini, yaitu kiper dan satu orang bek.

c. Satu Pemain

Akhirnya, bentuk pelanggaran offside di dalam permainan sepak mencapai titik final di kala pelanggaran offside terjadi pada saat seorang penyerang menerima umpan di saat hanya ada satu pemain belakang lawan di depannya. Satu pemain ini, yaitu kiper.

Itu dia penjelasan singkat mengenai pengertian offside dalam sepak bola. Memang, sedikit ada kebingungan mengenai peraturan ini. Mudahnya, seorang pemain dikatakan offside apabila dirinya berdiri lebih dekat dengan penjaga gawang di banding pemain belakang yang berada di barisan paling belakang.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *