Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin agen judi terpercaya
Wigobet Texaspoker

Latihan Fisik Sepak Bola Professional

Pemain sepak bola membutuhkan latihan fisik tertentu. Alasannya, permainan sepak bola menuntut setiap pemain bergerak selama 90 menit. Pergerakan ini mau tak mau membuat pemain sepak bola memiliki kekuaan fisik yang mumpuni.

Banyak yang bilang, pemain sepak harus;ah mampu berlari penuh selama 90 menit. Kenyataannya memang haruslah demikian, apabila ada pemain sepak bola yang tak bisa melakukan ini, maka secara tak langsung dirinya menjadi beban bagi tim.

Bagaimana tidak, setiap tim harus kompak. Sebelas pemain harus bergerak terkoordinasi antara satu dengan yang lain. Apabila tidak, maka permainan tim akan payah dan amburadul. Bukannya mencetak goal, gawang timnya akan mudah dibobol lawan.

Seperti yang sudah banyak diketahui, permainan sepak bola berlangsung selama 2 x 45 menit. Oleh sebab itu, tak heran apabila permainan ini cukup menguras tenaga. Jeda istrahat hanya selama 15 menit. Dengan lama waktu seperti itu dan jeda yang sangat singkat, pemain sepak bola dunia masih tetap bisa bermain optimal selama 90 menit.

Kuncinya, ada pada daya tahan fisik. Ketika pemain sudah terbiasa melakukan latihan seperti demikian, maka dirinya memiliki daya tahan fisik yang sempurna. Pemain sepak bola dituntut supaya kuat, gesit, dan berjiwa pemberani. Dan, latihan fisik merupakan kuncinya.

Untuk lebih jelasnya, berikut latihan fisik sepak bola professional:

Pemanasan

Latihan Fisik Sepak Bola Professional

Untuk mulai meningkatkan kekuatan fisik, seorang pemain bpola setidaknya membiasan diri melakukan pemanasan. Cara ini merupakan yang pas guna meningkatkan kekuatan serta menghindarkan cedera bagi pemain bola.

Selama melakukan gerakan pemasan, pemain bola haruslah memperhatikan kecepatan dan gerakan Beberapa pemanasan yang biasa dilakukan pemain bola, diantaranya skipping, twisting, quick starts, cutting, dll.

Selain memiliki manfaat yang telah disebutkan tadi, pemanasan memliki manfaat guna melancarkan peredaran darah dan meningkatkan suhu tubuh. Akibatnya, daya tahan tubuhmu akan lebih baik dari sebelumnya.

Jogging

Latihan Fisik Sepak Bola Professional

Ini merupakan latihan fisik yang harus dibiasakan oleh pemain bola. Bagaimana tidak, hampir 90 menit setiap pemain dituntut terus berlari keliling lapangan. Selesai melakukan pemanasan, lanjutkan dengan jogging santai.

Lakukan ini selama kurag lebih 5-10 menit. Latihan ini guna menunjang kesiapan fisik untuk gerakan selanjutnya. Selesai melakukan jogging, lanjutkan dengan lari interval set pendek. Hal ini dimaksudkan agar otot tidak stres.

Latihan kecepatan dan berlari

Latihan Fisik Sepak Bola Professional

Biasakan melakukan ini. Terkadang, di dalam oertandingan kamu harus berlari kencang guna mengejar pemain lawan atau bahkan menggiring bole ke daerah pertahanan lawan. Dan, kamu membutuhkan tenaga besar untuk berlari sambil mendribel bola.

Lakukan latihan ini sebanyak yang kamu bisa. Biasakan melakukan relay dan balapan bersama pemain lain. Hal ini bertujuan agar antara kamu dan pemain lain terpacu dan kompetitif. Di dalam latihan, kamu pun bisa mengombinasikannya bersama gerakan menggiring bola.

Waktu Istirahat

Latihan Fisik Sepak Bola Professional

Meski fisik harus “digeber” terus-menerus, namun adakalanya kamu patut mengistirahatkannya. Hal ini bertujuan guna membiasakan tubuh beristirahat dan bersiap melanjutkan gerakan lainnya.

Pertimbangkan waktu istirahat. Kalau bisa, samakan dnegan waktu istirahat di dalam permainan sepak bola sebenarnya, yaitu 15 menit. Meski begitu, tidak baik pula bila kamu beristirahat terlalu over. Cukup 15 menit saja guna mereganggan otot dan memulihkan energi.

Urutan latihan

Latihan Fisik Sepak Bola Professional

Lakukan latihan secara berurutan. Antara satu latihan dengan latihan lainnya perlu adanya latihan yang saling terhubung. Maksudnya, latihan satu dengan latihan lainnya itu haruslah berurutan.

Mulai dengan gerakan pemanasan dinamis, latihan koordinasi, dan kelincahan. Secara tak langung, ini akan mengajarkan ototmu meregang dan selanjutnya bisa lebih siap melakukan gerakan yang berat.

Waktu minum

Ya, meski ini merupakan kebutuhan tubuh yang tak boleh diabaikan, namun tak selayaknya kamu minum secara serampangan dan sesering mungkin. Minum mempengaruhi
daya tahan fisik.

Sebaiknya, minumlah air yang pas (tidak terlalu kenyang) sebelum pertandingan. Jarak minum yang ideal guna mempertahankan daya tahan fisik, yaitu dengan interval 15 sampai 20 menit. Dehidrasi secara tak langsung ini akan mengurangi kram dan menjaga tubuh tetap fit.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *