Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin.netBandar Online Terpercaya

Situs Poker Online

Jarak Titik Penalti Ke Gawang Pada Permainan Sepak Bola

Meski sepak bola menjadi olahraga paling favorit di negeri ini, namun masih sedikit yang mengetahui secara mendetail perihal permainan sepak bola. Yang ada, mereka gemar menonton dan sesekali mengumpat ketika tim kesayangan tak sesuai harapan.

Seperti yang diketahui sebelumnya, sepak bola merupakan permainan yang datang dari negeri sebrang. Masih banyak hal yang belum diketahui terkait permainan sepak bola. Kesalahan di dalam permainan sepak bola memang tak bisa terhindarkan lagi. Hal ini diakibatkan banyak hal.

Mulai dari kesalahan yang sudah tercipta dari media massa, pendidikan, ataupun bahasa daerah atau bahasa asing. Meski dicintai oleh banyak penduduk di Indonesia, sepak bola tetaplah menjadi olahraga yang masih asing.

Oleh sebab itu, ke-asing-an inilah yang secara tak langsung membuat olahraga ini masih menemui kesulitan dalam hal pengertian dan berbagai aturan atau ketentuannya secara mendetail.

Tandangan 12 pas atau 11 pas?

Jarak Titik Penalti Ke Gawang Pada Permainan Sepak Bola

Kebanyakan orang menganggap bahwa tendnagan pinalti yaitu tendangan 12 pas. Bukan 11 pas. Padahal bila mau membuka peraturan FIFA, Law of the Game FIFA, maka jarak titik pinalti yaitu 11 meter.

Sepertinya yang dikutip di dalam peraturan FIFA, Pasal 1 tentang Lapangan Pertandingan, poin The Penalti Area, disebutkan:

“… Within each penalty area, a penalty mark is made 11 m (12 yds) from the midpoint between the goalposts and equidistant to them.”

Yang artinya, titik putih guna menendang bola seharusnya berjarak 11 meter atau 12 yards dari garis gawang. Artinya, tendangan pinalti lebih baik diubah sebutannya menjadi “tendangan 11 pas”, ketimbang “tendangan 12 pas”.

Alasan dibalik sebutan 12 pas: Jilid 1

Jarak Titik Penalti Ke Gawang Pada Permainan Sepak Bola

Setiap sebutan itu muncul dikarenakan beberapa hal. Tentunya, inilah yang perlu diketahui guna membuka tapir kenapa lebih banyak orang menyebut tendangan 12 pas dibanding 11 pas. Hal ini seperti alasan sebelumnya, di luar tendangan pinalti disebut 12 pas karena jarak antara titik putih tendangan garis gawang, yaitu 12 yards.

Sayangnya, apabila kembali dari sisi kelaziman di Indonesia, maka lebih nyaman bila menggunakan standart ukuran “yards”, atau satuan “meter”? Hal ini sangat penting guna mengetahui jarak titik penalti ke gawang pada permainan sepak bola.

Alasan di balik sebutan 12 pas: Jilid 2

arsenalsoccerschoolmaadi

Beberapa orang sering menyebut 12 pas dikarenakan jarak antara jarak kiper dan titik pinalti sejauh 12 langkah. Sayanganya, standart ukuran tidaklah baku. Hal ini dikarenakan ukuran langkah kaki seseorang itu berbeda-beda.

Selain itu, ada pula yang menyebut tendangan pas dikarenakan posisi kiper dengan penendang, apabila ditarik garis lurus dengan bola, maka akan menunjukkan jarum jam pukul 12. Sayangnya, hal ini pun tetap tak baku.

Dimana kiper diperbolehkan memilih posisi agak serong ke kiri atau ke kanan. Alhasil, posisi kiper tak lagi lurus layaknya arah jam 12. Yang ada, kiper diwajibkan menginjak garis gawang pada saat terjadinya pinalti.

Kesimpulan

Jarak Titik Penalti Ke Gawang Pada Permainan Sepak Bola

Guna mengetahui jarak titik penalti ke gawang pada permainan sepak bola, maka ada baiknya seseorang mulai bernai mnguak beberapa istilah dan alasan kenapa istilah tersebut muncul. Hal ini akan mempermudah guna menentukan berapa sebenarnya jarak titik penalti ke gawang pada permainan sepak bola.

Namun, apabila sudah mengetahui hal tersebut dan kamu tetap menggunakan istilah 12 pas, maka hal itu bukanlah sebuah kesalahan. Asalkan kamu sudah mengetahui secara detail mengenai hal ini, maka semuanya tidak akan salah kaprah kembali.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *