Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin agen judi terpercaya
Wigobet Texaspoker

Berat Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Di dalam pertandingan sepak bola, aspek berat bola begitu penting. Apabila bola yang dipakai tidak memiliki berat ideal, maka permainan sepak bola akan berjalan tidak begitu menyenangkan.

Bayangkan bila berat bola dalam permainan sepak bola mencapai satu kilo. Bukannya asik ditendang, bola dengan berat sedemikian rupa malah cenderung sulit dan menyiksa apabila dimainkan menggunakan kaki. Bisa dibilang, ini akan sedikit tak mengenakkan bagi pemain sepak bola.

Alhasil, demi menciptakan pertandingan yang seru dan sedap ditonton, maka di dalam permainan sepak bola, ukuran berat bola sangat dipertmbangkan secara matang. Hal ini tentu bukan hal baru lagi.
Begitu pentingnya aspek berat bola dalam permainan sepak bola membuat organisasi sepak bola dunia, FIFA, membuat peraturan terkait hal ini. Alhasil, peraturan ini pun saat ini sudah diterapkan di berbagai belahan dunia.

Bola dan FIFA

Berat Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Seperti yang telah dijelaskan tadi, terkait berat bola dalam permainan sepak bola merupakan tanggung jawab sepenuhnya ada pada FIFA, induk organisasi sepak bola dunia. Di setiap pertandingan Internasional, ukuran bola sudah diatur oleh organisasi tersebut.

Sehingga, hal ini membuat bola yang dimainkan di dalam pertandingan sepak bola tidak asal-asalan. Mulai dari aspek pemantulan, diameter, akurasi dan peresapan air bila terkena air pun masuk sebagai standart guna menciptakan bobot berat bola yang ideal.

Bahan Bola di Sepak Bola

Berat Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Selain itu, aspek bahan pembuat pun menjadi salah satu aspek yang tak bisa dihiraukan bergitu saja. Bola, di dalam sepak bola, dibuat menggunakan bahan khusus. Salah satunya terbuat dari bahan kulit. Dan, sebaliknya.

Bola di dalam permainan sepak bola sangat haram bila menggunakan bahan berbulu.
Dari sisi bahan tidaklah cukup. Di dalam permainan sepak bola, ukuran bola dari aspek ukuran diameter, berat bola, tekanan udara di dalam bola, pantulan pun turut menjadi perhatian.

Ukuran Bola Standart FIFA

Berat Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Bola di dalam permainan sepak bola tidak boleh kurang dari 68 centimeter dan tidak lebih dari 71 centimeter. Sedangkan, ukuran berat bola dalam permainan sepak bola tidak boleh kurang dari 398 gram dan tidak boleh lebih dari 453 gram.

Sedangkan, dari sisi tekanan udara bola sebesar 8–12 psi. Artinya, apabila bola dijatuhkan ke tanah, kelembaman atau pemantulan bola sebesar 60%. Ukuran ini apabila bola dijatuhkan dari ketinggian 1 meter, maka bola diharuskan memantul balik setinggi 60 centimeter.

Warna Bola

Berat Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Selain ukuran bola yang telah disebutkan sebelumnya, berat bola dalam permainan sepak bola pun turut memperhatikan aspek warna. Hal ini guna mempermudah setiap pemain sepak bola melihat datangnya bola.

Menurut FIFA, warna bola di dalam permainan sepak bola tida boleh sama dengan warna lapangan. Karena hal ini bisa saja mengganggu para pemain secara visual pada saat menerima datangnya bola.

Bola Di Daerah Bersalju

Berat Bola Dalam Permainan Sepak Bola

Karakter bola di daerah bersalju pun turut menjadi perhatian FIFA. Tidak boleh sembarang bola atau bola yang “normal” dimainkan di daerah bersalju. Karena memiliki kelembapan dan kandungan air yan lebih besar dibanding daerah tropis, maka hal ini begitu penting diperhatikan.

Selain dari sisi berat, bola di daerah bersalju pun harus diberi warna merah cerah atau orange. Hal ini sebagai antisipasi, apabila terjadi hujan salju, pemain sepak bola bisa tetap melihat jelas keberadaan bola.

Bantu Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *