Permainan Sepak Bola, Teknik Permainan Sepak Bola, Pengertian Permainan Sepak Bola, Posisi Pemain Sepak Bola, Berita Bola Dunia

Bolawin

5 Kiper Terbaik Dunia Sepanjang Masa

Beberapa pemain sepak bola yang ada pasti memiliki keahlian dari sisi posisinya masing-masing. Salah satunya, yaitu kiper terbaik dunia sepanjang masa. Kiper merupakan salah satu sosok yang paling disorot di dalam permainan sepak bola.

Perannya yang begitu vital, mau tak mau membuat pemain yang berposisi sebagai kiper menjadi sosok paling penting. Tugasnya pun cukup berat. Menjaga gawang agar tak dibobol oleh pemain lawan dengan mudah.

Bermain sebagai seorang kiper, di sisi lain memang cukup menantang. Memiliki aturan yang berbeda denga kawan, kiper merupakan satu-satunya posisi pemain yang diperbolehkan memgang bola dengan tangan selama pertandinga. Tentu, tetap berdasar aturan-aturan tertentu.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini deretan kiper terbaik dunia sepanjang masa:

Lev Yashin (Uni Soviet)

Kiper yang satu masuk dalam deretan kiper terbaik. Bukan hanya itu, dirinya dianggap sebagai kiper terbaik berdasar IFFHS. Dirinya masuk ke dalam jajaran kiper terbaik dunia sepanjang masa berkat postur tubuh yang dimiliki.

Berjuuk laba-laba hitam, kiper ini di setiap pertandingan selalu menggunakan kostum hitam. Selain itu, kemampuannya yang luar biasa membuat Yashin mampu menepis setiap tendangan lawan. Bahkan, berkat aksinya selama ini, Yashin sering dianggap sebagai kiper dengan delapan tangan.

Gianluigi Buffon (Italia)

Buffon menjadi kiper termahal di dunia. Hal inilah yang menjadi salah satu aspek kenapa Buffon menjadikannya sebagai salah satu kiper terbaik di dunia. Selain itu, berdasarkan apa yang diraihnya saat ini, Buffon semakin meyakinkan masuk ke dalam deretan kiper terbaik dunia.

Bahkan, pada saat piala dunia 2006, gawang yang ia kawal tak kebobolan sama sekali. Dan, pada akhirnya Azzurri pun menjadi juara. Sekaligus, Buffon mendapatkan Lev Yashin Award (kiper terbaik sepanjang turnamen tersebut).

Iker Casillas (Spanyol)

Kamu tentu mengenal kiper yang satu ini. Namanya melejit setelah tim nasional yang dia bela berhasil menjuarai piala dunia. Tampil lebih dari 300 kali bagi Real Madrid, Casillas merupakan salah satu kiper timnas Spanyol yang cukup disegani.

Apalagi di saat Spanyol menjuarai Euro 2008, Casillas menjadi kiper yang berstatus kapten dan berhasil membawa timnya menjuarai turnamen Eropa. Berkat penampilannya yang sempurna, Casillas meraih Lev Yashin Award (kiper terbaik) pada tahun 2010. Tepat di saat tim Spanyol berhasil menjuarai FIFA World Cup 2010.

Oliver Kahn

Namanya memang takkan mudah tenggelam di makan jaman. Kahn merupakan salah satu kiper terbaik di dunia. Khususnya pada saat Piala Dunia 2002. Pada turnamen bergengsi tersebut, dirinya berhasil mengawal gawang dari serangan tim-tim lawan.

Bermain dan menghabiskan karirnya di FC Hollywood, Kahn merupakan kiper dengan karakter yang sangar. Sikapnya yang sering meledak-meledak membuat pemain lawan terintimidasi secara tak langsung ketika berhadapan dengannya.

Kahn mencapai puncaknya pada tahun 1994. Dimana pada waktu itu, dirinya bersama klub Bayern berhasil menjuarai Bundesliga (8 kali), Piala Jerman (6), Liga Pokal (6), Piala UEFA (1996), Liga Champions dan Piala Interkontinental (2001). Prestasi yang cukup luar biasa memang.

Peter Schmeichel (Denmark)

Memiliki postur yang ideal sebagai, Schmeichel merupakan kiper dengan perawakan tinggi besar, rambut pirang, dan hidung merah. Banyak pencinta bola mengenalnya dengan karakter yang seperti demikian.

Besar di dalam klub Manchester United dan tim nasional Denmark, The Great Dane, julukan Schmeichel, merupakan tembok besar yang menghaangi penyerang lawang mencetak gol. Salah satu keunggulan Schmeichel, yaitu mampu mengubah pertahanan menjadi penyerangan melalui lemparan jauh.

Bantu Bagikan:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *